Blogger news

Pages

Senin, 27 Januari 2014

BID'AH SESAT DAN BID'AH NIKMAT Bag III



Ini kajian terakhir tentang bid'ah dari dua tulisan sebelumnya,selamat membacanya.
Pendapat Beberapa Ulama dalam membagi bid’ah
  1. Imam Nawawi dalam kitabnya Tahdzib al asma’ wa al lughot, jilid 3, hal 22, mengatakan :
Bid’ah terbagi menjadi dua hal, yang hasanah (baik) dan yang qobihah (buruk)”
   2.    Al Hafizh ibn al ‘Arabi al Maliki
Nama lengkapnya adalah Abu Bakar al ‘Arabi al Maliki, seorang pakar hadis yang bergelar al Hafizh, mufassir dan pakar fiqh dalam madzab Imam al Maliki. Dalam kitabnya ‘Aridhat al Ahwadzi Syarh Jami’ al Tirmidzi jilid 10 halaman 417, mengatakan:“Umar berkata,
Ini sebaik-baik bid’ah”. Bid’ah yang dicela hanyalah semua bid’ah yang bertentangan dengan as sunnah. Dan perkara baru yang dicela adalah yang mengajak kepada kesesatan
3.    Al Imam Muhammad bin Isma’il al Shon’ani
Dalam kitabnya Subulus Salam, Syarh Bulugh al Maram jilid 2 halaman 48, mengatakan :
Bid’ah menurut bahasa adalah sesuatu yang dilakukan tanpa melihat contoh sebelumnya. Dan yang dimaksud dengan bid’ah disini adalah sesuatu yang dilakukan tanpa didahului adanya syara’ dari Al Qur’an dan as sunnah. Dan sungguh ulama telah membagi bid’ah menjadi lima bagian :
1. Bid’ah yang wajib, seperti menjaga ilmu-ilmu agama dengan membukukannya dan menolak terhadap kelompok-kelompok sesat dengan (tetap) menegakkan dalil-dalil.
2. Bid’ah mandubah, seperti membangun madrasah
3. Bid’ah mubahah, seperti bebasnya dalam macam-macam makanan dan kebanggan pada baju yang bagus
4. Bid’ah yang diharamkan
5. Bid’ah yang dimakruhkan, dan keduanya sudah cukup jelas contoh-contohnya. Adapun hadis,”Semua bid’ah itu sesat”, adalah kata-kata yang bersifat umum dimana pemahamannya dibatasi.”
4.    Ibn Hajar al ‘Asqolani
Beliau adalah seorang pakar hadis yang bergelar al Hafizd. Diakui kepakaran hadisnya, baik di Timur maupun Barat. Dalam kitabnya Fath al Bari jilid 4 halaman 253, mengatakan tentang bid’ah sebagai berikut :
“Dalam konteks bahasa, bid’ah adalah sesuatu yang dilakukan tanpa mengikuti contoh sebelumnya. Dan dalam konteks syara’, bid’ah diucapkan sebagai lawan dari sunnah, sehingga ia menjadi tercela. Hakekatnya, jika bid’ah itu masuk dalam wilayah yang dianggap baik oleh syara’, maka itu bid’ah yang baik. Dan jika bid’ah tersebut masuk dalam wilayah yang dianggap jelek oleh syara’, maka itu bid’ah yang buruk dan kalau tidak masuk pada keduanya, maka itu masuk pada wilayah (bagian) yang mubah (boleh). Dan bid’ ah itu dapat terbagi menjadi lima hukum”.
5. Al Imam al Syaukani
adalah Muhammad bin Ali al Syaukani, ahli hadis dan ilmu fiqh. Beliau juga membagi bid’ah dengan mengutip pernyataan Ibn Hajar dalam kitabnya Nail al Author jilid 3 halaman 25, tanpa memberinya komentar.(Silahkan pembaca meruju’ buku,Membongkar Kebohongan Buku ‘Mantan Kiai NU Menggugat Sholawat & Dzikir Syirik,yang di susun Tim Bahtsul Masail PC NU Jember,untuk mendapatkan kajian tentang pendapat-pendapat ulama yang lebih mendalam)

 Pembagian Bid’ah adalah Suatu Keniscayaan
Jika kita melihat kajian para ulama salaf tentang mafhum bid’ah, maka akan sampai pada suatu kesimpulan, bahwa pembagian bid’ah adalah suatu keniscayaan. Karena dengan hati orang-orang yang suci dan logika orang-orang yang berakal akan memberi pemahaman yang komprehensif, mendalam dan argumentatif pada hadis “kullu bid’atin dlolalah”.
A. Bid’ah dalam aspek bahasa
Pada pengertian bahasa, bid’ah adalah suatu hal atau perbuatan yang baru yang tidak ada contoh sebelumnya. (DR. Ibrahim Anis, Mu’jamaul Wasith, jilid1, hal. 43. Bandingkan dengan Imam ‘Izzuddin bin Abdissalam’ Qowa’id al Ahkam jilid 2 halaman 172 dan Imam an Nawawy, Tahdzib al Asma’wa al lughot jilid 3 halaman 22)
Dalam pengertian bid’ah ini terkadang ada yang hasanah dan ada pula yang bid’ah tercela. Adapun yang dimaksud bid’ah yang hasanah adalah semua hal yang baru yang tidak bertentangan dengan Al Qur’an, as sunnah dan ijma’. Dan dalam konteks ini tidak perlu dibedakan apakah itu urusan dunia atau agama. Karena pada hakekatnya semua yang terjadi didalam kehidupan dunia sudah pasti terkait dengan syara’ atau agama. Bagaimana kita akan makan, minum atau berpakaian sekalipun itu urusan dunia harus berstandarkan dengan syara’ atau agama.Dan bahasa yang tepat adalah semua hal-hal yang baru, baik itu terkait langsung dengan ibadah ghoiru mahdloh atau tidak langsung, selama berdasarkan Al Qur’an dan as sunnah atau ijma’, maka masuk kategori bid’ah yang hasanah atau tidak tercela (Bandingkan dengan kajian Imam as Syafi’i pada Al Baihaqi. Manaqib al Syafi’I, jilid I halaman 469)
1. Contoh-contoh bid’ah yang tidak langsung terkait dengan ibadah
- Warna pakaian
- Bentuk pakaian bagi pria, apakah kemeja atau T-Shirt
- Semua hal yang terkait dengan perkembangan tehnologi
- Pemeliharaan ilmu dengan pembukuannya
- Dan sebagainya
2. Contoh-contoh bid’ah hasanah yang terkait langsung dengan ibadah ghoiru mahdloh
a. Dzikir jahr (mengeraskan dzikir, baik dengan suara atau alat pengeras suara). Ini adalah bid’ah yang berdasarkan as sunnah. Ali r.a. bercerita,”Abu Bakar bila membaca Al Qur’an dengan suara lirih, sedangkan Umar dengan suara yang keras, dan ‘Ammar jika membaca Al Qur’an mencampur surah ini dengan surah yang lainnya. Maka hal tersebut dilaporkan kepada Nabi SAW, maka beliau bertanya kepada Abu Bakar,”Kenapa engkau melirihkannya?”, Abu Bakar menjawab,”Alloh dapat mendengar suaraku walaupun lirih”, dan Nabi bertanya kepada Umar,”Kenapa engkau mengeraskan suaramu?”, Umar berkata,”Aku ingin mengagetkan setan dan mengusir rasa kantuk.”,Nabi bertanya kepada ‘Ammar,”Kenapa engkau mencampur surat ini dan surat itu?”, ‘Ammar menjawab,”Apakah engkau mendengarkan aku mencampur dengan yang bukan al Qur’an ?”, beliau menjawab,”Tidak”, lalu beliau bersabda,”Semuanya baik” (HR. Imam Ahmad)
Hadis ini menunjukkan bolehnya mengeraskan bacaan Al Qur’an atau dzikrulloh dengan niat syi’ar dan memungkinkan orang-orang lain dapat terjaga untuk bersegera melaksanakan ibadah.

b. Dzikir bareng-bareng (jama’i)
Dzikir jama’i memiliki manfaat yang besar bagi pelakunya terutama pada masyarakat yang awam. Bagi mereka dengan bareng-bareng melakukan ibadah dzikir akan mempicu semangatnya dalam berdzikir. Dan dzikir jama’i ini hanya uslub (teknis) saja untuk berdzikir atau mendekatkan diri kepada Alloh SWT. Jika ada seseorang yang tidak berkenan dengan bareng-bareng dalam ibadah-ibadah yang sunnah, tidak mengapa ia melakukannya secara sendirian.
Adapun aktifitas dzikir jama’i termasuk aktifitas bid’ah yang tidak tercela karena masih berlandaskan dengan as sunnah antara lain :
Tidaklah berkumpul suatu kaum disebuah rumah dari rumah-rumah Alloh yang mereka lagi membaca kitab Alloh dan saling mengkajinya diantara mereka kecuali Alloh menurunkan kepada mereka ketenangan dan rahmat, dan malaikat memagarinya serta Alloh menyebut nama-nama mereka dihadapan malaikatNya” (HR. Abu Dawud)
Kalimat “Tidaklah berkumpul suatu kaum” menunjukkan sebagai dalil dibolehkannya dzikir jama’i.Karena penyebutan kata “kaum” dalam hadis tersebut menunjukkan kepada banyaknya orang yang melakukan dzikir.
Demikian juga dengan hadis yang diriwayatkan dari Abu Sa’id Al Khudri r.a., dia berkata : Mu’awiyah r.a. melewati suatu halqah di masjid, lalu dia bertanya,”Majelis apa ini?”Mereka menjawab,”Kami duduk untuk berzikir kepada Alloh Azza wa Jalla”Muawiyah bertanya lagi,”Demi Alloh , benarkah kalian duduk hanya untuk itu?”Mereka menjawab,”Demi Alloh, kami duduk hanya untuk itu.”Kata Muawiyah selanjutnya,”Sungguh,aku tidak menyuruh kalian bersumpah karena mencurigai kalian, karena tidak ada orang yang menerima hadis dari Rasulullah saw.lebih sedikit daripada aku.”Sesungguhnya Rasulullah pernah melewati halqah para sahabatnya lalu Rasulullah saw. Bertanya,”Majelis apa ini?”Mereka menjawab,”Kami duduk untuk berzikir kepada Alloh dan memuji-Nya atas hidayah-Nya berupa Islam dan atas anugerah-Nya kepada kami.”Rasulullah saw.bertanya lagi,”Apakah Demi Alloh kalian duduk hanya untuk itu?”Mereka menjawab,”Demi Alloh kami duduk hanya untuk itu.”kata Rasulullah saw. Selanjutnya,”Sungguh, aku menyuruh kalian bersumpah bukan karena mencurigai kalian tetapi karena aku didatangi oleh Jibril a.s. kemudian dia memberiatahuku bahwa Alloh Azza wa Jalla membanggakan kalian didepan para malaikat.”(diriwayatkan oleh Muslim,hadis no 1889)
Perhatikan kalimat Halqoh dalam hadis tersebut,itu menunjukkan sekumpulan banyak orang.Dan hadis ini juga bisa menjadi dalil bolehnya dzikir jama’i.

c.Mabit di Mina Jadid(Mina baru)
Sekalipun tidak pernah dilakukan oleh Nabi (karena beliau mabit di Mina lama), namun ini menjadi hal yang hasanah. Karena dengan kondisi melimpahnya jutaan jamaah haji, tentu tidak akan menampung jika Mina tidak diperluas. Dan akan mendatangkan madlorot (bahaya) jika mereka dipaksa mabit di Mina lama sebagaimana di jaman Nabi SAW.

d. Do’a dengan menggunakan bahasa ibu
Doa yang menggunakan bahasa Jawa, Indonesia, Cina, Arab dengan berbagai susunan dan gaya bahasanya adalah bid’ah yang dibolehkan bahkan jika itu membuat yang berdoa lebih khusu’,tentu bid’ah hasanah.
Karena dijaman Nabi SAW sendiri ada sahabat yang berdoa dengan menggunakan redaksi yang tidak pernah diajarkan Nabi, namun beliau membolehkannya.
“Anas bin Malik berkata,”Suatu saat Rasulullah SAW lewat disisi laki-laki A’rabi yang sedang berdoa dalam sholatnya dan ia berdoa,”Ya Tuhan yang semua mata tidak sanggup melihatNya, tidak dipengaruhi oleh keraguan, tidak bisa disifati oleh siapapun, tidak bisa merubahNya waktu yang berjalan, tidak takut oleh malapetaka, Dia, Alloh yang mengetahui timbangan gunung, takaran lautan, jumlah tetesan air hujan, jumlah dedaunan dari pohon-pohonnya, jumlah segala apa yang ada dalam gelapnya malam dan terangnya siang, tidak menghalangiNya dari langit satu ke langit yang lainnnya, bumi satu ke bumi yang lain, dan lautan tidak dapat menyembunyikan dasarnya, gunung tidak dapat menyembunyikan isinya,(Ya Alloh) jadikanlah sebaik-baik umurku pada akhirnya, sebaik-baik aktifitasku pada penghujungnya dan sebaik-baik hariku pada hari aku bertemu denganMu”. Setelah selesai ia berdoa, Nabi SAW memanggilnya dan memberikan padanya emas dan beliau bersabda,”Aku berikan kamu emas, karena bagusnya pujianmu kepada Alloh ‘Azza wa Jalla (HR.Al Thabarani dalam al Mu’jam al Ausath dengan sanad jayyid)

e. Istilah-istilah wajib, mandubah, makruh,mubah atau haram yang di jaman nabi SAW tidak pernah ada.Namun di jaman setelahnya keberadaan istilah-istilah tersebut dalam kajian ushul fiqih dan ilmu fiqh tentu sangat hasanah dan bermanfa’at.

f. Dan sebagainya
Pada prinsipnya, bid’ah-bid’ah lughowiyyah (bahasa) baik yang terkait tidak langsung atau terkait langsung dengan ibadah ghoiru mahdloh seperti contoh-contoh diatas, kalau memang berdasarkan Al Qur’an dan as sunnah, atau ijma’ dan qiyas,sudah tentu melalui metode ijtihad maka bid’ah lughowiyyah tersebut,akan menjadi bid’ah hasanah (baik).
Hampir semua persoalan yang masuk wilayah ijtihad adalah persoalan-persoalan yang baru dan belum pernah ada di jaman Nabi SAW.Misalnya,tentang darah nifas yang tidak ada nash yang membicarakan hal tersebut.Para ulama berbicara tentang darah nifas dengan diqiyaskan/dianalogikan kepada darah haid.Demikian pula tentang zakat profesi,zakat fithrah dengan uang,jumlah raka’at sholat teraweh (20 raka’at),qunut dalam sholat teraweh ditengah bulan Ramadhan,qunut dalam sholat shubuh,pemberian titik dalam mushhaf al Quran,memperingati hari-hari besar dalam islam,adzan kedua dalam sholat jum’at,miqot makani di Jeddah bagi jama’ah dari Asia,sa’i dilantai kedua dan sebagainya.
Dan karena masuk wilayah ijtihad maka bisa dipastikan akan memunculkan perbedaan dari hasil ijtihad tersebut. Namun perbedaan itu, sah-sah saja dan bisa dimaklumi karena berdasarkan hadis Nabi Muhammad SAW,
“Apabila seorang hakim melakukan ijtihad, lalu ijtihadnya benar, maka ia memperoleh dua pahala, Dan apabila ia melakukan ijtihad lalu keliru, maka ia memperoleh satu pahala” (HR. Bukhori)
Jadi,menurut Nabi SAW dalam wilayah ijtihad(selama memenuhi ketentuan dan persyaratan dalam berijtihad) tidak ada yang mengarah kepada kesesatan.Oleh karenanya janganlah menuduh orang lain sesat atau melakukan aktifitas bid’ah dlolalah,yang ujungnya musyrik dan kafir hanya karena perbedaan pendapat dari hasil ijtihadnya.Selama ijtihad tersebut dihasilkan oleh orang-orang yang memenuhi syarat dalam berijtihad,maka hasil ijtihadnya tidak bisa digugurkan oleh ijtihad lainnya.
Adapun bid’ah dalam pengertian bahasa, namun tidak lahir dari proses ijtihad, sehingga bertentangan dengan Al Qur’an dan as sunnah maka bid’ah seperti ini adalah madzmumah (tercela). Seperti model-model pakaian yang memamerkan ketiak dan paha atau aurat-aurat lainnya, yang sekarang lagi digandrungi anak-anak muda. Dan banyak contoh-contoh lainnya.Atau bid’ah dalam urusan ibadah mahdloh(murni),seperti jumlah roka’at dalam sholat wajib,maka melakukan bid’ah tersebut dengan merubah jumlah raka’at tanpa ada ‘udzur syar’i adalah kesesatan.
Ada pertanyaan dari mereka(Wahhabiyyah), “Jika bid’ah dalam hal-hal yang berkaitan dengan ibadah itu hasanah (baik), tentulah generasi-generasi sahabat akan lebih cepat melakukannya.Tapi kenapa sahabat-sahabat tidak juga melakukannya?Apakah generasi khalaf itu lebih baik daripada generasi-generasi sahabat?”.
Tentu pertanyaan tersebut tidak perlu ada. Karena apakah kita berani berkata bahwa Bilal yang telah melakukan ijtihad untuk sholat dua rakaat setelah wudlu dengan waktu yang telah ditentukan, lebih baik daripada Nabi SAW?. Dimana Nabi SAW tidak pernah melakukan sebelumnya. Kalau itu baik kenapa Nabi tidak melakukannya terlebih dahulu ?.
Ada riwayat dari Rifa’ah bin Rafi’ r.a., beliau berkata,”Suatu ketika kami sholat bersama Nabi SAW, ketika beliau bangun dari ruku’nya, beliau berkata,”Sami’allahu liman hamidah”, Seorang sahabat berkata dibelakangnya, “Rabbana walakal hamdu hamdan katsiran thoyyiban mubarakan fih.”.Ketika selesai sholat Nabi SAW bertanya,”Siapa yang berkata tadi?”, sahabat tadi menjawab,”Saya”,beliau bersabda,”Aku telah melihat ada lebih 30 malaikat berebut menulis pahalanya”(HR. Bukhori, An Nasa’i, Abu Dawud, Ahmad)
Al Hafizh ibn Hajar mengomentari hadis tersebut dalam kitabnya Fath al Bari jilid 2 halaman 267, bahwa hadis itu bisa menjadi dalil bolehnya membuat dzikir baru dalam sholat, apabila tidak menyalahi dzikir yang ma’tsur dan bolehnya mengeraskan suara dalam bacaan dzikir selama tidak mengganggu orang lain.
Apakah kita berani berkata bahwa sahabat tersebut lebih baik dari Rasulullah SAW yang bacaannya dalam I’tidal lebih panjang?padahal Rasulullah SAW tidak melakukan sebelumnya.Dan kenapa Rasulullah tidak melakukannya terlebih dahulu, jika itu baik?.
Dan kenapa pula Abu Bakar tidak bersegera membukukan Al Qur’an dalam satu mushaf padahal itu adalah hal yang baik?. Kenapa harus menunggu usulan dari Umar bin Khottob? Apakah Umar bin Khottob lebih baik daripada Abu Bakar?.Tentu tidak !, karena apa yang dilakukan oleh generasi-generasi terbaru (khalaf) terkait yang bid’ah hasanah bukan berarti generasi-generasi sebelumnya (salaf) yang tidak melakukan bid’ah hasanah tersebut karena menganggapnya sebagai suatu kesesatan. Bisa jadi mereka meninggalkan hal tersebut terkadang karena ada udzur yang terjadi pada saat itu, misalnya banyak peperangan sehingga sangat sibuk untuk itu, atau karena ada amaliah lain yang lebih utama atau barangkali hal itu belum diketahui oleh mereka (lihat perkataan Imam as Syafi’i yang senada dengan itu, yang dinukil oleh Hafizh al Ghimari dalam Itqon as Shun’ah fi Tahqiqi ma’na al bid’ah. Halaman 5).
Dan dalam hal-hal tertentu,terkadang generasi selain sahabat jauh lebih baik dari generasi sahabat.Hal tersebut disebabkan karena perkembangan masalah atau problem kemasyarakatan semakin modern dan kompleks dan membutuhkan penyelesaian melalui kecerdasan ber ijtihad.Lebih-lebih dengan tidak hadirnya Nabi SAW di tengah-tengah mereka (generasi selain sahabat).Sehingga,jika mereka bisa menyelesaikan persoalan-persoalan keimanan atau keagamaan tanpa Nabi SAW ditengah-tengah mereka adalah sebuah hal yang luar biasa dibandingkan dengan sahabat-sahabat Nabi SAW.Coba renungkan hadis dibawah ini; “Dari ‘Ubaidah bin al Jarrah RA berkata : Ya Rosululloh,adakah seseorang yang lebih baik dari pada kami?,kami berislam dihadapanmu dan berjihad bersama engkau.Rosululloh menjawab : ‘(Ada yaitu) generasi setelah kalian yang beriman kepadaku sekalipun tidak pernah melihatku”.Hadis riwayat dari Ahmad,Thobaroni dan di shahihkan oleh al Hakim.(Lihat,Ahmad Syarifuddin,al Zad al Mustafad,hal 74).

B. Bid’ah dalam Pengertian Syar’i
Bid’ah inilah yang masuk kategori sesat. Karena segala hal yang baru yang tidak berdasarkan kepada syara’, bahkan berlawanan,maka ini termasuk bid’ah dlolalah dan setiap yang bid’ah dlolalah pasti tercela dan tidak perlu dihidup-hidupkannya.
Seperti adanya aliran-aliran sesat sejak jaman awal Islam berkembang seperti, Khawarij,Murji’ah, dan sebagainya. Hingga orang-orang di jaman sekarang dengan kelompoknya mengakui adanya nabi palsu dari mereka sendiri adalah suatu bid’ah syar’iyah yang sesat, dan setiap yang sesat sudah pasti di neraka.

PENUTUP
Demikian, kajian tentang bagaimana kita memahami bid’ah yang benar dan argumentatif serta rasional. Tidak ada maksud apapun dari penulisan ini, kecuali berharap ridlo Alloh SWT dengan membela para ulama yang sholeh, yang telah banyak memberikan kontribusi pemikiran pada umat Islam ini. Membela dari caci maki kelompok-kelompok yang begitu sempit memahami bid’ah dan dengan itu menjadikan senjata untuk mengkufuri para ulama yang ikhlas tersebut.
Sungguh, pena merasa malu untuk menulis caci maki yang mereka keluarkan, dan julukan-julukan jelek yang mereka lontarakan terdengar begitu risih oleh telinga orang yang mendengarkan, demikian tulis murobbi kami, DR. As Sayyid Muhammad Alawy al Maliky al Hasany, dalam kitabnya al Ghuluw.
Disamping mengharap ridloNya, tidak lupa kami juga berterima kasih pada Tim Bahtsul Masail PC NU Jember yang secara tidak langsung telah banyak membantu penulisan ini dengan membuat mudah penulis menukil pendapat para ulama salaf dari buku “Membongkar Kebohongan Buku ‘Mantan Kyai NU menggugat sholawat dan dzikir syirik” yang disusun tim tersebut. Semoga Alloh memberikan pahala yang layak bagi tim tersebut.Jazaakumulloh Ahsanal jaza’. Amin.
Wallohu A’lam.
Ya Alloh jadikan kami termasuk al Kayyis.

0 komentar:

Posting Komentar